Modem


Di jaman yang semakin modern ini, pasti kamu pernah atau sering mendengar istilah modem. Itu tu…alat yang dipasangkan pada komputermu jika kamu ingin agar komputermu bisa tersambung ke jaringan internet. Sebenarnya apa sih modem itu? Mau tau? Yuk, lanjut baca penjelasan berikut ini.

Istilah modem merupakan singkatan dari dua kata yaitu MOdulator dan DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim.

Jadi, modem merupakan penggabungan antara Modulator dan Demodulator.  Oleh karena itu modem bisa dikatakan sebagai alat komunikasi dua arah yang digunakan sebagai alat untuk merubah data dari bentuk analog ke digital atau sebaliknya.

Eh, tau ga? Modem itu ternyata ada beberapa jenis loh. Hhmm.. kira-kira apa saja yah… yuk, lanjuut bacanya..

Jenis-jenis Modem Berdasarkan Pemasangannya
Berdasarkan pemasangannya pada perangkat komputer, modem terdiri dari dua jenis yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal berada di dalam komputer dan terpasang langsung pada bagian motherboard misalnya pada slot PCI. Sedangkan modem eksternal berada di luar chasing komputer, umumnya dihubungkan melalui Serial Port atau USB pada motherboard (kamu bisa melihat gambarnya di bawah ini).


Jenis-Jenis Modem Berdasarkan Jaringan atau Media Koneksinya
Berdasarkan jaringan atau media koneksinya modem terdiri dari dua jenis, yaitu modem kabel dan modem wireless.

Modem kabel merupakan modem yang menggunakan jaringan kabel agar dapat tersambung ke internet, misalnya seperti jaringan kabel telepon.


Modem wireless merupakan bagian dari jaringan komputer contohnya adalah modem GSM, modem CDMA, modem HSDPA, dan modem HSUPA.


Nah sekarang coba kalian amati, modem apakah yang sedang kalian gunakan?

Sumber gambar: warungsundakaromah.files.wordpress.com, computer-hardware-explained.com
Dari berbagai sumber

http://engineeringtown.com

0 komentar:

Posting Komentar