.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Al-Jazari


Al-Jazari adalah insinyur muslim yang berhasil menemukan sederet peralatan teknologi pada abad ke-13. Insinyur bernama lengkap Al-Shaykh Ra’is Al- A`mal Badi`Al-Zaman Abu Al-`Izz ibn Isma`il ibn Al-Razzaz Al-Jazari itu dikenal sebagai penemu robot dan ilmuan yang pertama kali menciptakan komputer analog yang bisa diprogram dalam bentuk Jam Istana.

Al-Jazari adalah insinyur muslim yang cerdas, berasal dari sebelah Utara Mesopotamia yaitu kawasan di utara Irak dan timur laut Syiria. Ia hidup dan bekerja di Mesopotamia selama 25 tahun. Ia mengabdi di istana Artuqid, kala itu di bawah naungan Sultan Nasir al-Din Mahmoud.

Kecerdasan Al-Jazari ini lebih dulu unggul dibandingkan tokoh barat, Leonardo Da Vinci yang baru merancang pembuatan robot pada abad ke-14, dan itu pun baru berbentuk desain di atas kertas. Teknologi-teknologi yang telah diciptakan Al Jazari mencapai 50 jenis dan semua ditulis dalam bukunya yang berjudul Kitab Pengetahuan tentang Alat-alat Mekanik. Woow hebaat..!!


Contoh teknologi yang diciptakan Al-Jazari antara lain adalah robot berbentuk sebuah perahu yang terapung di sebuah danau yang ditumpangi empat robot pemain musik. Robot yang terdiri atas dua penabuh drum, seorang peniup harpa, dan pemain suling logam itu diciptakan untuk menghibur para tamu kerajaan dalam acara jamuan minum. Robot-robot tersebut dapat memainkan beragam suara musik yang indah seperti manusia sungguhan! Canggih yah!

Selain itu, Al-Jazari juga berhasil menciptakan sebuah robot pelayan berbentuk manusia yang bertugas untuk menghidangkan air, teh, atau minuman lainnya. Minuman disimpan dalam sebuah penampung air. Dari penampung itu, air dialirkan ke dalam sebuah ember dan setelah tujuh menit mengalir ke sebuah cangkir dan robot itu mengeluarkan minumannya.


Penemuan penting lainnya yang tak kalah menarik adalah pencuci tangan otomatis. Robot pencuci tangan otomatis itu berbentuk seorang wanita yang berdiri dengan sebuah baskom berisi air. Sistem pencuci tangan yang dikembangkan Al Jazari inilah yang digunakan dalam sistem kerja toilet modern saat ini.


Robot lainnya yang diciptakan Al-Jazari adalah air mancur burung merak yang otomatis bisa bergerak dengan menggunakan tenaga air. Robot ini memudahkan orang saat membersihkan tangan, karena robot burung merak itu akan menawarkan sabut dan handuk secara otomatis.

Teknologi robot yang lainnya yang diciptakan Al Jazari adalah sebuah jam yang dianggap sebagai komputer analog pertama yang dapat diprogram. Alat ini disebut sebagai "Castle Clock" yang mempunyai ketinggian 3,4 m. Jam ini dapat diprogram ulang untuk menjelaskan perubahan panjangnya siang dan malam sepanjang tahun. Al-Jazari juga membuat jam gajah yang bekerja dengan tenaga air dan berat benda untuk menggerakkannya secara otomatis.


Mesin lainnya yang telah diciptakan Al-Jazari adalah mesin yang menggunakan balok dan tenaga binatang. Balok digerakkan secara naik turun oleh sebuah mesin dan poros engkol. Mesin itu merupakan mesin yang pertama kali menggunakan poros engkol sebagai bagian dari sebuah mesin. Di Eropa hal ini baru terjadi pada abad 15. Poros engkol merupakan alat yang menjadi inti berbagai mesin dalam dunia modern.

Oleh karena itu, berkat temuan-temuannya yang telah banyak mempengaruhi rancangan mesin-mesin modern saat ini, maka Al-Jazari mendapat julukan sebagai Bapak Teknik Modern.

Dari berbagai sumber - http://www.engineeringtown.com

0 komentar: