.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Sejarah Ditemukannya Kipas Angin


Wah, di luar udaranya panas sekali. Ayo cepat kita nyalakan kipas angin...!! Pada saat cuaca panas dan gerah, kipas angin memang selalu menjadi andalan untuk menyegarkan badan. Tapi, apakah teman-teman tahu bagaimana awal mula kipas angin ditemukan? Yuk kita telusuri sejarahnya.
Ternyata kipas angin sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu loh. Kipas angin digunakan oleh beberapa negara di dunia seperti Mesir, Yunani, Roma, dan Cina. Kipas angin pertama kali ditemukan 4000 tahun yang lalu pada sebuah makam raja Mesir yaitu Raja Tutankhamen yang digali pada tahun 1922. Fungsi kipas pada saat itu adalah sebagai alat upacara keagamaan dan merupakan benda yang sangat sakral dan suci.
Pada waktu itu hanya raja dan permaisuri saja yang bisa memilikinya.  Kipas angin yang ditemukan di makam raja Mesir itu ada dua buah. Salah satu kipas angin tersebut gagangnya dilapisi oleh emas dan terbuat dari bulu burung unta, sedangkan yang satu lagi dilapisi eboni dengan emas dan batu-batu berharga. Wah, mewah banget ya temen-temen?
Perkembangan kipas angin dimulai pada abad ke-15 di Eropa, tepatnya di Italia. Saat itu, kegunaan dari kipas adalah sebagai produk perdagangan yang memiliki nilai seni tinggi. Kipas angin disimbolkan sebagai kemakmuran dan kelas sosial seseorang. Mungkin karena kemewahannya itu ya. Pada abad ke-16 hingga abad ke-18, kipas angin mengalami perubahan fungsi menjadi produk fashion dan sangat popular saat itu. Kemudian pada abad ke 20 kipas angin sudah tidak lagi sebagai sebuah produk fashion namun menjadi alat periklanan. Sedangkan di Spanyol, kipas angin menjadi alat untuk mendinginkan udara karena Spanyol memiliki iklim yang panas.
Pada tahun 1860-an masyarakat mulai mengenal kipas angin yang berbentuk kipas angin atap. Kipas angin elektrik baru dikenal oleh masyarakat pada tahun 1880-an. Kemudian kipas angin listrik pertama kali diperkenalkan oleh Schuyler Skaats Wheeler pada tahun 1882. Wheeler membuat kipas angin listrik pertamanya dengan dua buah baling-baling yang digerakkan oleh sebuah motor bertenaga listrik.
Selanjutnya, kipas angin dikembangkan dan dipatenkan hak ciptanya oleh ilmuwan bernama Philip H. Diehl pada tahun 1887. Diehl memperkenalkan kipas angin yang menempel pada langit-langit rumah. Ide ini kemudian menjadi dasar penemuan kipas angin yang dapat bergerak ke sana-kemari. Perkembangan kipas angin terus berlanjut hingga menjadi model yang banyak kita temui saat ini.
Sumber gambar: golden-goldmaster.blogspot.com; pandri-16.blogspot.com
Dari berbagai sumber-http://www.engineeringtown.com

0 komentar: