Taman Pintar Yogyakarta


Kawan kawan, saat ini pergi rekreasi tidak hanya sekedar buang uang, namun juga dapat tambahan ilmu pengetahuan di Taman Pintar Yogyakarta. Coba saja mampir saja ke objek wisata tersebut yang berlokasi di jalan P. Senopati Yogyakarta. Taman pintar ini ditunjukkan bagi anak-anak Indonesia dan siapapun saja agar tumbuh ketertarikan untuk belajar dan kreatif dalam bidang sains dan teknologi.
Science center yang disebut Taman Pintar ini dibangun oleh gabungan swasta dan pemerintah propinsi DI Yogyakarta pada 9 Juni 2007. Dengan motto “Mencerdaskan dan Menyenangkan”, siapapun bisa dengan leluasa memperdalam akan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan pendekatan ilmiah, namun tetap menyenangkan.
Sebuah wahana rekreasi dan pendidikan yang dibangun oleh pemerintah daerah Yogyakarta. Terletak di pusat kota Yogyakarta. Tujuan dibangunnya Taman Pintar ini untuk merangsang minat anak-anak pada ilmu pengetahuan melalui imajinasi, hiburan, percobaan dan permainan. Disini dibagi beberapa wahana seperti:
Playground, ruang publik umum yang berisi fasilitas permainan Pipa Bercerita, Parabola Berbisik, Rumah Pohon, Air Menari, Spektrum Warna Dinding Berdendang, Sistem Katrol dan masih banyak lagi.


Gedung Heritage, disini diperuntukan bagi Pendidikan Anak Usia Dini, area pendidikan anak pra-TK.


Gedung Oval, ruang yang digunakan untuk pengenalan lingkungan dan ruang pameran ilmu pengetahuan.


Gedung Kotak, ruangan yang dipergunakan untuk ruang pameran, audio visual, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, perpustakaan, laboratorium sains dan ada bioskop 4 dimensi.
Di sini banyak alat peraga ilmiah yang bisa bikin kamu tambah cerdas. Pengin nyoba gimana rasanya gempa? Bukan nakut-nakutin sih, tapi kalo pingin tahu kayak gimana rasanya, kamu bisa masuk ke bilik Simulator Gempa, di mana didalam kamar ukuran persegi empat itu kamu bakal disuguhi simulator gempa berkekuatan 4,8 Skala Righter. Atau kamu bisa coba alat yang namanya Generator Van De Gruat, dimana dengan meletakkan kedua telapak tanganmu di atas logam yang berbentuk bulat seukuran bola sepak, rambut di kepala kamu bakal berdiri tegak, Hii…


Lokasi: Jl Panembahan senopati Yogyakarta, 55122. Telp (0274) 583713, 583631. Faks (0274) 583664.
Tiket: masuk taman bermain di bagian luar adalah gratis
Masuk Gedung Oval: rombongan sekolah Rp. 1.500,- anak-anak Rp 2.000,-dan orang dewasa (19 th keatas) Rp 3.000
Hari layanan: Selasa-Minggu, pukul 09.00-16.00. hari Senin tutup (kecuali hari libur nasional).
Parkir: motor Rp 1.000,-
Fasilitas: radio anak, jasa pemandu, satpam, taman bermain gratis, ruang tunggu orang tua, perpustakaan anak, dll
Transportasi : Anda bisa naik bis TransJogja untuk sampai ke tempat ini. Atau anda yang menginap di sekitar jalan Malioboro, tinggal berjalan kaki ke arah selatan sampai di per-4-n Km. 0 (nol kilometer) kemudian belok ke timur kira-kira sekitar 200 meter sudah sampai tempat ini.
TIPS: Oya, ketika masuk Gedung Oval di taman pintar, bagi kamu yang bawa kamera mesti izin dulu sama petugasnya. Gratis kok!
(sumber: jogjawae.com)

0 komentar:

Posting Komentar