.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Membuat Kliping Yuk!


Kawan Kawan pasti memiliki koran, majalah, atau buletin lama yang sudah tidak terpakai lagi di rumah. Biasanya lebih sering menumpuk, karena kalau dibuang sayang, dibakar apalagi. Kalau dijual, bisa juga sih, tapi kenapa tidak mencoba sesuatu yang lebih kreatif dan bermanfaat? Nah, daripada koran, majalah, atau buletin tersebut sia-sia, ada baiknya kita manfaatkan kembali.
Kita dapat membuat kliping tersebut berdasarkan topik sejenis seperti kliping pendidikan agama islam, cerpen, kliping sejarah, dsb, sesuai minat atau materi yang ada pada koran tersebut.
Berikut ini tips membuat kliping:
1. Mengumpulkan bahan/artikel.
Pisah-pisahkan artikel yang Anda ingin jadikan kliping sesuai dengan tema-temanya. Gunting dengan rapi dan berurutan. Jangan lupakan tanggal dan edisi terbitnya artikel tersebut. Catat sumber-sumbernya. Lalu cantumkan pada kliping Anda.
2. Siapkan kertas HVS atau kuarto.
Kalau ada kertas HVS bekas pakai atau kertas sisa print yang tidak dipakai lagi, itu lebih baik karena kita akan mengurangi limbah kertas. Pilih saja yang kira-kira masih bisa dipakai.
3. Gunakan double tip untuk menempelkannya agar hasil lebih rapi. Bisa saja menggunakan lem biasa, tapi hasilnya kurang rapi. Kadang halaman yang satu dengan yang lainnya menempel setelah kering.
4. Jilid dengan kuat dan rapi.
Anda bisa menjilidnya dengan cara merajut (benang atau rotan), atau dengan memberi lakban hitam, atau dengan cara lain yang lebih rapi dan kuat. Jangan lupa buatkan cover dan judul untuk kliping Anda, seperti “KLIPING CERPEN” untuk membedakan kliping yang satu dengan yang lain. Buatlah covernya semenarik mungkin untuk menarik perhatian pembaca
Sekarang sahabat sudah memiliki alternatif tambahan koleksi perpustakaan loh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0 komentar: