Taman Pintar meluncurkan sekaligus 4 (empat) zona baru


Pertama kalinya dalam sejarah, semenjak Grand Openingnya pada 16 Desember 2008 silam, Taman Pintar meluncurkan sekaligus 4 (empat) zona baru. Zona Sahabat Pemberani, Zona Kelistrikan, Zona Telekomunikasi dan Galeri Kota Pusaka diresmikan oleh Walikota Yogyakarta pada Senin, 4 Mei 2015 bersama 4 (empat) mitra yang bekerjasama dengan Taman Pintar yaitu Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi Distribusi Jawa Tengah – DIY PT PLN (Persero), Sales Area Manager Inner DIY PT Indosat Tbk, dan Kasubdit Wilayah II Direktorat Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PR). Peresmian bertemakan ”Membangun Karakter Generasi Emas Indonesia Pintar” ini juga dihadiri oleh mahasiswa dan pelajar dari perwakilan perguruan tinggi dan sekolah di Kota Yogyakarta.
Zona Sahabat Pemberani merupakan bentuk komitmen KPK dalam misinya menanamkan nilai-nilai anti korupsi semenjak dini kepada masyarakat terutama pelajar, dengan dukungan Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ) dari Jerman. Pembelajaran disampaikan semenarik mungkin antara lain melalui kinect games dan pohon harapan. Zona Kelistrikan, hasil kerjasama Taman Pintar dengan PLN, semakin melengkapi tampilan peraga serta muatan keilmuan kelistrikan yang ada di Taman Pintar. Zona Telekomunikasi, yang diperbaharui melalui kerjasama dengan Indosat, menampilkan pembelajaran bagaimana komunikasi jarak jauh dapat terselenggara melalui pengembangan jaringan infrastruktur seluler. Sementara Galeri Kota Pusaka yang merupakan hasil kerjasama dengan KemenPU-PR, menggali tampilan budaya dan kearifan lokal Jawa khususnya Yogyakarta yang dikemas dalam booth yang memanjakan kenyamanan pengunjung.
Selalu menghadirkan peraga-peraga pendidikan termuktahir merupakan komitmen tersendiri bagi science center seperti Taman Pintar. Salah satu upayanya adalah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Sehingga diharapkan, pengembangan yang dilakukan dapat menghadirkan nuansa segar pada tampilan secara keseluruhan dan mengoptimalkan peran Taman Pintar Yogyakarta sebagai sarana literasi sains masyarakat yang makin mencerdaskan dan menyenangkan. (http://www.tamanpintar.com/)

0 komentar:

Posting Komentar