Sejarah Ditemukannya Sepeda Motor



Sepeda motor kini mungkin menjadi salah satu alat trasportasi yang paling diminati di dunia 
khususnya di Indonesia. Coba kalian perhatikan di jalan raya, begitu banyak sepeda motor yang 
melintas atau yang sedang antre saat lampu merah sedang menyala.

Tahukah kalian darimana asalnya sepeda motor, siapa-siapa saja yang berperan dalam 

perkembangan sepeda motor dan bagaimana sejarahnya hingga sepeda motor masuk ke 
Indonesia?

Ada tiga orang yang diakui sebagai penemu sepeda motor yaitu, Ernest Michaux ( Perancis), 

Edward Butler (Inggris), dan Gottlieb Daimler (Jerman). Sepeda motor pertama kali dirancang 
pada tahun 1868 oleh Ernest Michaux berkebangsaan Perancis. Pada waktu itu,tenaga penggerak 
yang direncanakannya adalah mesin uap namun proyek ini tidak berhasil. Kemudian pada 
tahun 1885 Edward Butler mencoba menyempurnakannya dengan membuat kendaraan lain 
yang mempergunakan tiga roda dan digerakan dengan menggunakan motor dari jenis mesin 
pembakaran dalam.

Pada tahun 1885 seorang ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach 

menjadi perakit motor pertama kali di dunia. Daimler memasangkan mesin empat langkah 
berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan 
dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Kemudian sepeda kayu 
bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car).

Pada waktu itu jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat banyak. Sampai pada tahun 1892, 

Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor model baru. 
Dan disusul lagi oleh Werner Brothers pada tahun 1897. Sepeda motor pertama yang dijual untuk 
umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman pada 
tahun 1893. Roda belakang sepeda motor ini digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).

Pada tahun 1895 sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat, tepatnya ke kota 

New York. Pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, 
di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pada akhirnya 
Pennington dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle 
(sepeda motor).

Pada tahun yang sama, Triumph, sebuah perusahaan pembuat sepeda di Inggris memutuskan 

untuk membuat sepeda motor. Empat tahun sesudahnya, 1902, perusahaan itu 
memproduksi sepeda motornya yang pertama namun masih menggunakan mesin dari Belgia. 
Kemudian pada tahun 1905, Triumph memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri.

Tahun 1903, William S Harley dan sahabatnya, Arthur Davidson, memproduksi sepeda motor 

di Milwaukee, Amerika Serikat, dan menamakan sepeda motor itu Harley Davidson. 
Tahun 1904, perusahaan Amerika Serikat lain, Indian Motorcycle Manufacturing Company, 
yang berlokasi di Springfield, Massachusetts, muncul dengan sepeda motor Indian Single.

Kemudian sampai Perang Dunia I (1914-1918), perusahaan ini menjadi pabrik sepeda motor 

dengan produksi yang terbesar di dunia. Indian Motorcycle Manufacturing Company tutup pada 
tahun 1953 dan merek Indian diambil alih oleh Royal Enfield.

Setelah Perang Dunia I sampai tahun 1928, perusahaan yang memproduksi sepeda motor terbesar 

di dunia adalah Harley Davidson. Pada tahun 1921, sepeda motor BMW hadir dengan roda 
belakang yang digerakkan menggunakan koppel (shaft drive). Pada tahun 1930-an ada sekitar 
80 merek sepeda motor di Inggris, di antaranya Norton, Triumph, AJS, dan merek-merek lainnya 
yang tidak begitu terkenal, seperti New Gerrard, NUT, SOS, Chell, dan Whitwood.

Perkembangan sepeda motor di Eropa, juga dipicu oleh Perang Dunia II (1939-1945), 

di mana sepeda motor dibuat untuk keperluan militer. Seusai Perang Dunia II, tahun 1946, 
desainer Italia, Piaggio, memperkenalkan skuter Vespa dan langsung menarik perhatian dunia.

Pada tahun 1949, Honda memproduksi sepeda motor dengan mesin dua langkah. Namun, 

suara mesin dua langkah yang berisik dan asap yang berbau tajam yang keluar dari knalpot 
membuat Honda mengembangkan mesin empat langkah.

Tahun 1951, BSA Group (Inggris) membeli Triumph Motorcycles dan menjadi produsen 

sepeda motor terbesar di dunia. Kemudian kedudukan BSA diambil alih oleh NSU (Jerman) 
tahun 1955. Namun, sejak tahun 1970-an hingga kini, Honda tercatat sebagai produsen 
sepeda motor terbesar di dunia.

Tahun 1952, Honda memproduksi sepeda motor bebek yang dikenal dengan nama cub. 

Kepopuleran sepeda motor jenis bebek ini membuat perusahaan sepeda motor asal Jepang 
lainnya seperti Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki meniru model sepeda motor jenis bebek ini.

Sosok yang menarik, mesin yang handal dan mudah dirawat, serta harga yang bersaing membuat 

sepeda motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki, sangat populer dan 
sampai kini mendominasi pasar sepeda motor dunia. Namun, nama-nama Harley Davidson 
tetaplah merupakan sepeda motor yang populer, terutama di Amerika Serikat. Demikian juga 
dengan BMW, Triumph, dan Ducati.

Sepeda motor pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1893. Sepeda motor tersebut dibeli 

oleh John C Potter, seorang masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur. 
Ia memesan sendiri sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen.

Nah, sekarang kalian jadi tahu kan sejarah sepeda motor di dunia. Bagaimana dengan sejarah 

transportasi jenis lainnya? Ayo jelajahi lagi website ini yah…

Dari berbagai sumber - 
http://www.engineeringtown.com

0 komentar:

Posting Komentar