.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Mengapa Lantai Yang Licin Bisa Membuat Kita Terpeleset?


Apakah kamu pernah terpeleset saat menginjak lantai yang licin? Pernahkah kamu berfikir, mengapa kita bisa terpeleset di lantai yang licin? Ternyata, hal ini ada kaitannya dengan gaya gesek loh. Gaya gesek adalah gaya yang terjadi di antara dua permukaan benda yang bersentuhan seperti telapak kakimu dan lantai yang licin.
Besarnya gaya gesek tergantung dari keadaan permukaan yang saling bersentuhan, apakah itu kasar atau licin. Saat bersentuhan dengan permukaan yang kasar, gaya gesek yang timbul lebih besar dibandingkan saat bersentuhan dengan permukaan yang licin. Oleh karena itu, kita akan terpeleset jika menginjakkan lantai yang licin karena gaya gesek yang timbul antara telapak kaki kita dan lantai sangat kecil.
Sebenarnya, gaya gesek itu sangat berguna loh. Tanpa gaya gesek, kita tidak akan bisa berjalan, tidak bisa duduk, tidak bisa memegang, tidak bisa membuka tutup botol, roda sepeda motor atau mobil juga tidak akan bisa berputar, dan masih banyak hal lagi. Oh iya, kenapa kita bisa memegang suatu benda ya? Karena pada ujung tangan kita terdapat sidik jari yang berputar-putar. Coba deh kamu amati permukaan jarimu. Nah, sidik jari inilah yang membuat gaya gesek dengan benda yang kita pegang menjadi besar sehingga kita bisa memegang sebuah benda.
Nah, sekarang coba sebutkan contah gaya gesek lainnya…
Sumber gambar: kesihatandiri4u.blogspot.com
Dari berbagai sumber

0 komentar: