.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Helikopter


Pernahkah kalian melihat sebuah helikopter melintas di udara? Samakah antara helikopter dan pesawat terbang? Apa perbedaannya? Yup, kalian benar…!!! Helikopter menggunakan baling-baling untuk bisa terbang sedangkan pesawat terbang menggunakan sayapnya. Apakah sebenarnya helikopter itu? yuk kita cari tahu…

Helikopter merupakan salah satu alat transportasi yang memiliki banyak kegunaan. Kata helikopter berasal dari bahasa Yunani yaitu helix (spiral) dan pteron (sayap). Alat transportasi udara ini digerakkan oleh baling-baling yang berputar-putar. Helikopter dapat terbang dan mendarat secara vertikal (ke atas) dan juga dapat bergerak maju dan mundur di udara. Selain itu helikopter juga memiliki kemampuan mengapung di udara seperti capung. Helikopter dapat terbang ke lokasi manapun, dan mendarat di mana pun dengan landasan (helipad) sebesar rotor dan setengah diameter badannya. Karena kemampuannya ini, helikopter banyak di manfaatkan untuk berbagai kepentingan.

Helikopter mendapatkan daya untuk dapat bergerak di udara dari baling-baling yang berputar. Baling baling helikopter berputar dengan kecepatan tinggi dan harus diarahkan pada posisi tertentu sehingga menghasilkan daya angkat yang besar. Daya angkat ini bisa diubah menjadi daya dorong dengan memiringkan bilah baling-baling yang disebut dengan rotor, di mana rotor ini berhubungan langsung dengan mesin.

Rotor helikopter memiliki bentuk aerofoil yang mirip dengan sayap pada pesawat terbang. Saat rotor berputar udara akan bergerak pada permukaan rotor dari atas ke bawah sehingga helikopter terangkat keatas. Pergerakan udara tersebut sangat deras sehingga mampu mengangkat benda seberat belasan ton. Teorinya sebenarnya cukup sederhana namun prakteknya rumit.


Ilustrasi: ET
Dari berbagai sumber/
http://www.engineeringtown.com

0 komentar: