Mengapa es mengambang di atas air?


Pernahkah kamu perhatikan bongkahan es yang mengambang di atas air? Kenapa ya, es tersebut tidak tenggelam? Daripada penasaran, kita cari tahu saja yuk..
Kita pasti berfikir bahwa benda padat akan tenggelam jika diletakkan di dalam air. Ternyata tidak semuanya benda padat seperti itu loh. Contohnya adalah es. Meskipun es berbentuk padat, namun es memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada air. Saat air berubah wujud menjadi es, molekul air mengatur diri mereka sendiri sedemikian rupa sehingga menciptakan ruang antara molekul yang tidak ada sebelumnya.
Jika dilihat dari gambar diatas, terdapat ruang lebih banyak dalam es daripada dalam air atau dengan kata lain, volume es menjadi lebih besar daripada volume air. Hal ini menyebabkan massa jenis es menjadi lebih kecil dari massa jenis air. Masih ingat kan, massa jenis itu apa?? Kalau ada yang belum tahu, coba deh baca dulu disini.
Nah, pada dasarnya prinsipnya sama saja dengan kapal laut yang mengapung di lautan.
Tekanan ke atas terhadap es yang dimasukkan ke dalam air selalu lebih besar dari berat es (gaya tekan es ke bawah). Sehingga jika tidak ada gaya lain yang menekan es maka es akan selalu mengapung di atas air.

Dari berbagai sumber

1 komentar:

 

7 Bocah Muslim Template by Ipietoon Cute Blog Design