.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Permainan Gobak Sodor


Kawan kawan permainan ini juga merupakan salah satu dari sekian banyak permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak era 1990an. Bahkan termasuk oleh anak-anak di masa sebelumnya. Dan hari ini, permainan ini sepertinya sudah langka dijumpai di perkotaan. Bahkan di desa dan kampong pun mulai langka.
Permainan gobak sodor adalah jenis permainan yang harus dimainkan secara berkelompok oleh banyak orang. Permainan ini dimainkan oleh dua kelompok yang saling berlawanan (bermusuhan), di mana masing-masing tim terdiri dari 3 – 5 orang.
Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik. Untuk meraih kemenangan seluruh anggota kelompok harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.
Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segiempat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur.
Anggota kelompok yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota kelompok yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota kelompok yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota kelompok yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.

0 komentar: