Cara menghafal surat-surat pendek dalam Al Qur’an

Posted by with No comments

Kawan kawan ada banyak cara menghafal surat-surat pendek dalam Al Qur’an, diantaranya :
1. Perbanyak mendengar sebelum memulai menghafal, bisa dengan kaset murattal atau mendengarnya dengan khusyu' dari para imam shalat yang kebanyakan dari mereka sering membaca surat-surat pendek dalam shalat maghrib, isya dan subuh. atau yang lebih sering lagi pada saat shalat tarawih di bulan ramadhan, dimana kebanyak imam membaca surat-surat pendek.
2. Perbanyak membaca surat-surat pendek tersebut sehingga ketika kita mulai menghafalnya maka lidah kita sudah akrab dengan ayat-ayat yang akan kita hafal. kemudian setelah kita yakin benar bahwa surat-surat tersebut sudah kita hafal, baru kemudian pindah ke surat berikutnya.
3. Jangan lupa untuk membacanya di hadapan seorang teman yang bacaan atau hafalan Al-Qurannya lebih baik dari kita atau seorang guru tahfizh Al-Quran untuk menyimak hafalan kita, ini harus kita lakukan untuk menghindari salah baca dan salah menghafal.
4. Lakukan pengulangan (muraja'ah) secara teratur, terutama kita baca dalam shalat lima waktu atau dalam shalat sunnah.
5. Usahakan membaca hafalan sesuai dengan urutan yang tercantum di dalam Al-Quran, misalnya kita membaca surat Al-Qari'ah,  At-Takatsur kemudian surat Al-'Ashr terus sampai surat An-Nas. sehingga kita mampu mengurutkan hafalan kita sesuai urutan yang ada dalam Al-Quran.
Demikian, mudah-mudahan setelah kita mampu menghafal surat-surat pendek tersebut, membuat kita tertarik untuk menghafal surat-surat panjang sehingga kita dapat merasakan nikmatnya menghafal Al-Quran. 
Kawan kawansebagai latihan pertama mari kita menghafal surat An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas.
  

Syaikh Sa'ad Al-Ghamidiy - Surat An-Naas
Powered by mp3skull.com
 113. Murotal Al Qur'an Surat Al Falaq - Ust. Nurhamid Muhammad Al Barsaniy
Powered by mp3skull.com 
 112. Murotal Al Qur'an Surat Al Ikhlas - Ust. Nurhamid Muhammad Al Barsaniy
Powered by mp3skull.com

0 komentar:

Poskan Komentar