Aku Beriman Pada Enam Perkara.


Tahukah kalian apa itu? Keenam perkara tersebut dinamakan rukun iman.
Nabi Muhammad  pernah ditanya oleh malaikat Jibril yang menyamar menjadi manusia, “Terangkanlah kepadaku, apa iman itu.”
Maka Nabi  menjawab:
“ Hendaklah engkau beriman kepada Alloh, beriman kepada para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya,
para utusan-Nya, hari akhir, dan hendaklah engkau beriman kepada taqdir yang baik dan yang bu-
ruk.” (HR Bukhari dan Muslim)
Jadi sebagai seorang muslim, kita wajib beriman terhadap 6 perkara:
1. Beriman kepada Allah, bahwa Allah adalah Maha Pencipta dan Satu-satu-Nya Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar, dan Allah memiliki Nama-nama yang indah dan Sifat- sifat yang tidak sama dengan mahluknya.
2. Beriman pada malaikatNya sebagai hamba yang taat dan bertugasmenyampaikan wahyu kepada paranabi dan rasul, dan tugas lainnya.
3. Beriman kepada Kitab-kitab-Nya. Allah menurunkan kitab-kitab pada Nabi dan Rasul terdahulu. Yang kita kenal diantaranya ada 4, yaitu Tau-rat, Zabur, Injil dan Al-Qur’an yang terakhir diturunkan pada nabi kita Muhammad .
4. Beriman kepada para Rasul, yakni kita beriman bahwa Allah mengutus para Rasul untuk menyampaikan wahyu kepada manusia.
5. Beriman kepada Hari Akhir, yakni beriman kepada Hari Kiamat yang pasti terjadi. Semua mahluk akan dibangkitkan dari kubur dan dimintai pertanggung jawabannya atas amal perbuatan mereka selama di dunia.
6. Iman kepada Taqdir, yaitu mengimani bahwa Allah mengetahui segela se- suatu sebelum terjadi, dan Dia telah menentukan segala sesuatu yang ter-jadi menurut kehendak-Nya.
Nah teman-teman, jika kalian belum paham, nanti tanyakan pada orang tua atau gurumu yaa.....Ingatlah obat kebodohan adalah bertanya. (bam)

0 komentar:

Posting Komentar

 

7 Bocah Muslim Template by Ipietoon Cute Blog Design